Pahami 5 Penyebab Aki Motor Cepat Tekor Atau Soak

Pada sepeda motor, aki berperan untuk mensuplai arus listrik pada system starter untuk menyalakan mesin. Anda apabila menghidupkan motor, te...

Pada sepeda motor, aki berperan untuk mensuplai arus listrik pada system starter untuk menyalakan mesin. Anda apabila menghidupkan motor, tentu memakai tombol start yang ada pada stang kanan. Saat anda menekan tombol ini, aki dengan automatis menggerakan motor starter untuk menghidupkan mesin.

Sumber gambar: read.federaloil.co.id

Terbayang kan, bila aki soak. Aki soak itu keadaan di mana arus listrik di dalam aki habis, maka pas kita tekan tombol start mesin tidak dapat hidup.

Makanya solusi satu-satunya yaitu dengan kick starter, bila motor bebek atau sport itu mudah. Tapi bila motor matic, kita harus turun dahulu dari motor, lantas menurunkan standard tengah, serta mengengkol mesin sampai berkali-kali.

Baca Juga: Inilah Alarm Motor Terbaik Terbaru 2018

Sangat merepotkan bukan, karenanya kudu buat kita untuk merawat aki supaya tetap awet. Tetapi, bagaimana untuk merawat aki motor? serta apa sajakah penyebabnya yang bikin aki motor anda cepat soak? simak penjelasan komplitnya dibawah

Penyebab Aki Motor Soak/Tekor 

Banyak hal yang dapat mengakibatkan aki motor mati atau drop antara lain

1. Ada korsleting arus listrik

Konsleting atau hubungan singkat arus listrik yaitu keadaan di mana arus dari kutub positif baterai langsung tersambung dengan arus negatif baterai dengan hambatan sangat kecil.

Waktu terjadi konsleting pada diantara rangkaian kelistrikan, juga akan muncul aliran arus dengan deras karna hambatannya kecil.

Seperti air dalam kolam, bila disedot memakai selang memiliki ukuran besar (diameter 10 cm) tentu air itu juga akan cepat habis. Tetapi bila selangnya hanya berdiameter 1 cm, bisa sangat lama.

Pada kelistrikan, bila beban pada kutub positif serta negatif sangat kecil maka aliran arusnya juga akan begitu deras yang bikin kapasitas aki langsung drop.

Konsleting ini kerap terjadi saat diantara rangkaian kelistrikan motor menyentuh massa atau body motor secara langsung.

Akhirnya, paling ringan yaitu baterai drop dan dapat menyebabkan kebakaran. Karenanya, konsleting dapat di cegah melalui cara rutin merawat keadaan fuse atau sekering. Yakinkan tiap-tiap rangkaian mempunyai sekering sebagai pengaman.

2. Pemakaian listrik yang berlebihan 

Untuk orang yang menyukai modifikasi motor, tentu familiar dengan lampu HID atau angle eyes lamp. Lampu-lampu ini memang mempunyai cahaya yang cukup terang, tetapi tahukah anda bila lampu HID membutuhkan daya yang cukup besar.

Walau tegangan inputnya cuma 12 volt, tapi tegangan itu dinaikan oleh ballast yang dapat menyerap daya listrik sampai beberapa puluh kilo watt. Pada akhirnya aki motor cepat habis, apabila terus-terusan aki motor mengalami hal semacam ini maka dapat mengakibatkan rusaknya element aki.

Tidak cuma lampu HID, tapi aksesori lain yang berkesan berlebihan juga tidak baik untuk baterai. Terkecuali bila anda ganti baterai dengan daya kemampuan yang kebih besar, kemungkinan dapat menahanya.

3. Tidak digunakan dalam waktu lama 

Waktu motor dianggurkan, umumnya kita tidak melepas konektor baterai. Walau sebenarnya, saat motor kita tidak dipakai aliran listrik masih ada walau kunci kontak ada pada posisi off.

Pemicunya, yaitu pada kabel serta konektor. Walau tak ada hubungan ke masa, tetap ada aliran listrik dengan satuan mili volt. Memang cukup kecil tapi bila dipakai jangka waktu lama maka besar juga kehilangannya.

4. Usia baterai sudah bertahun-tahun

Baterai yang tak perlu perawatan atau Maintenace Free, umumnya mempunyai usia antara 1 sampai 2 tahun. Kekurangan aki MF ini yaitu waktu terjadi kerusakan maka kita tidak dapat mengganti air akinya.

Sementara untuk aki regular walau aki soak kita dapat mengganti airnya saja. Sehingga lebih irit. Lain dengan aki kering, aki jenis kering ini umumnya berusia lebih lama sampai 4 tahun. Hanya harga nya tentu lebih mahal, serta tetap saja bila digunakan dengan terus-terusan maka mesti diganti dan tidak dapat di service.

5. Tak ada pengisian/charging sistem bermasalah 

Pengisian pada motor di atur oleh kiprok. Kiprok atau regulator adalah suatu rangkaian kelistrikan yang mengatur besarnya tegangan maksimum 15 volt.

Waktu ada kerusakan pada komponen kiprok maka tanda awal, pengisian baterai juga akan menyusut. Sehingga listrik dari kiprok tidak kuat menanggung beban kelustrikan mesin, akhirnya baterai mesti menyupali kekurangan listrik. Dalam waktyu dekat tegangan baterai juga akan habis karna tidak ada supply arus, hal tersebut yang mengakibatkan accu tekor.

Tidak hanya kiprok, spul menjadi komponen lain yang punya pengaruh dalam system pengisian motor. Bila kiprok meregulasi tegangan yang dihasilkan, maka spul peranannya untuk menghasilkan tegangan listrik dari input putaran mesin.

Untuk mengecek apakah spul rusak, kita perlu memakai test lamp, atau multimeter. Cabut soket kiprok, lantas sambungkan test lamp ke kabel spul (umumnya berwarna putih) dan ujung test lamp lain ke body motor. Lantas hidupkan sela motor anda. Bila waktu disela lampu hidup (walau kecil), maka spul aman.

Meskipun baterai itu komponen yang cukup penting tetapi pada motor dengan mesin konvensional keberadaan baterai itu tidaklah terlalu penting, mengingat keperluan system pengapian telah di supply langsung oleh altenator mesin.

Demikianlah artikel singkat tentang penyebabnya aki motor tekor terus, mudah-mudahan menambah pengertian kita dan berguna untuk kita semuanya. Simak juga sebagian tips motor lain di situs (blog) ini.

Sumber referensi: www.autoexpose.org

COMMENTS

Name

Alarm motor,16,Alarm motor mp one way,1,Alarm motor nmax,7,MOTOR,17,Pemasangan dss smartkey,4,Tentang Dss Smartkey,1,Tip & Trik,6,
ltr
item
micro alarm: Pahami 5 Penyebab Aki Motor Cepat Tekor Atau Soak
Pahami 5 Penyebab Aki Motor Cepat Tekor Atau Soak
https://2.bp.blogspot.com/-SGAkpNUvsgo/WtIVli8TmvI/AAAAAAAAAqQ/_XSzwzkPUZw6IQCo2vdXlejGSfMBL7HqgCLcBGAs/s400/Aki%2BMotor%2BCepat%2BTekor.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-SGAkpNUvsgo/WtIVli8TmvI/AAAAAAAAAqQ/_XSzwzkPUZw6IQCo2vdXlejGSfMBL7HqgCLcBGAs/s72-c/Aki%2BMotor%2BCepat%2BTekor.jpg
micro alarm
https://microalarm363.blogspot.com/2018/04/pahami-5-penyebab-aki-motor-cepat-tekor.html
https://microalarm363.blogspot.com/
https://microalarm363.blogspot.com/
https://microalarm363.blogspot.com/2018/04/pahami-5-penyebab-aki-motor-cepat-tekor.html
true
3890108119132281585
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy